SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
A. Topik Permasalahan/Bahasan : Posisi duduk dalam kelas yang sesuai dengan
kondisi fisik dan pribadi siswa.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
C. Jenis Layanan : Penempatan dan penyaluran
D. Fungsi Layanan : Pencegahan dan Pemeliharaan
E. Tujuan Layanan :
1. Siswa dapat memilih tempat duduk yang sesuai dengan kondisi fisik dan pribadi siswa.
2. Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik
F. Hasil Yang Ingin Dicapai : Siswa mampu memilih tempat duduk dikelas dan
dapat menggunakan dengan baik.
G. Sasaran Layanan : Siswa kelas IX
H. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan :
1. Cara-cara memilih tempat duduk yang sesuai dengan kondisi fisik siswa.
2. Posisi tempat duduk yang tidak merusak fisik dan baik untuk belajar.
I. Waktu / Semester : 45 menit / ganjil
J. Penyelenggaraan Layanan : Guru Bimbingan Konseling
K. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru Bimbingan Konseling dan Siswa
L. Kegiatan Pendukung :
1. Himpunan data
2. Aplikasi instrument
M. Alat dan Perlengkapan : Alat tulis menulis, gambar denah tempat duduk
siswa.
N. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut : Pengamatan terhadap siswa dikelas secara
berkala.
O. Catatan Khusus :
Pangkur,
Mengetahui Perencana
Kepala Sekolah Kegiatan Layanan
WAHYUDI, S.Pd , M.Si SUHARTO, SPd
NIP.196101011983021011 NIP.19610651987031009
LAPORAN
PELAKSANAAN, PENILAIAN, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
A. Topik permasalahan : Posisi duduk dalam kelas yang sesuai dengan kondisi fisik dan pribadi siswa
B. Spesifikasi kegiatan :
1. Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
2. Jenis Layanan : Penempatan dan penyaluran
3. Fungsi Layanan : pencegahan dan pemeliharaan
4. Sasaran Layanan : kelas 9
C. Pelaksanaan Layanan :
1. Waktu : 40 menit
2. Tempat : ruang kelas
3. Deskripsi dan komentar tentang pelaksanaan layanan
a. Siswa yang mempunyai fisik kecil ditempatkan didepan
b. Tempat duduk disesuaikan jenis kelamin
c. Mimisahkan siswa yang sering ngobrol dalam mengikuti pelajaran (ramai)
d. Menempatkan siswa yang mempunyai kelainan penglihatan supaya duduk deret depan
D. Penilaian :
1. Cara-cara penilaian :
Menggunakan teknik non tes
2. Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian
a. Sebagaian besar siswa memahami maksud dari penempatan tempat duduk
b. Sebagian besar siswa senang dengan tempat duduk yang barunya.
E. Analisis Hasil Penilaian :
1. Cara-cara analisis :
Mengamati konseli selama proses layanan
2. Deskripsi dan komentar tentang hasil analisis
a. Ada beberapa siswa yang merasa kurang puas dengan tempat duduk yang baru
b. Ada beberapa hambatan pada waktu layanan namun akhirnya hambatan dapat di atasi
F. Tindak Lanjut :
1. Cara-cara tindak lanjut
a. Monitoring
b. Siswa yang merasa tidak puas diberi layanan konseling individu
2. Deskripsi dan komentar tentang tindak lanjut
a. Ada kesempatan satu minggu jika tempat duduk tidak sesuai dapat diatur kembali
b. Ternyata dalam waktu satu minggu anak sudah dapat menyesuaikan
c. Layanan penempatan tuntas
Pangkur,……….…………….
Mengetahui Guru Pembimbing
Kepala Sekolah
WAHYUDI, S.Pd, M.Si SUHARTO, S.Pd
NIP.19610101 198302 1 011 NIP.19610615 198703 1 009
Minggu, 27 Februari 2011
layanan penempatan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar