Senin, 20 Desember 2010

STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN KONSELI

Sebagaimana kinerja guru yang ukuran keberhasilannya dipatok dengan standar kelulusan, maka kinerja konselor keberhasilannya diukur dengan tingkat ketercapaian standar kemandirian konseli (peserta didik). standar kemandirian tersebut terdiri atas 11 aspek perkembangan. setiap aspek terjabar ke dalam tiga peringkat tujuan dan terakomodasi ke jenjang SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.
A. Aspek perkembangan yang dimaksud adalah sbb:
1. Landasan hidup Religius
2. Landasan Perilaku etis
3. Kematangan emosi
4. Kematangan Intelektual
5. Kesadaran tanggungjawab sosial
6. Kesadaran gender
7. Pengembangan pribadi
8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
9. Wawasan dan kesiapan karir
10. Kematangan hubungan dengan teman sebaya
11. Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga

B. Tataran/internalisasi tujuan
1. pengenalan
2. akomodasi
3. tindakan

C. Wiayah layanan (Khusus untuk SMP)
1. Landasan hidup Religius
 a. Pengenalan  : mengenal arti dan tujuan ibadah
 b. Akomodasi : berminat mempelajari arti dan dan tujuan setiap bentuk ibadah
 c. Tindakan    : melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
2. Landasan Perilaku etis
 a. Pengenalan  : mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilaku
 b. Akomodasi : memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya
 c. Tindakan    : bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku.
3. Kematangan emosi
 a. Pengenalan  : mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar
 b. Akomodasi : memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain
 c. Tindakan    : mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan konstektual
4. Kematangan Intelektual
 a. Pengenalan  : mempelajari cara-carapengambilan keputusan dan pemecahan masalah
 b. Akomodasi  : menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
 c. Tindakan     : mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi
5. Kesadaran tanggungjawab sosial
 a. Pengenalan  : mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan
                         kehidupan sehari-hari
 b. Akomodasi : menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dlm kontek keragaman interaksi sosial
 c. Tindakan     : berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup
6. Kesadaran gender
 a. Pengenalan  : mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan
 b. Akomodasi : menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dlm hidup se-hari 2
 c. Tindakan    : berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dam memerankan peran jenis
7. Pengembangan pribadi
 a. Pengenalan : mengenal kemampuan dan keinginan diri
 b. Akomodasi : menerima keadaan diri secara positif
 c. Tindakan     : menampilkan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya
8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
 a. Pengenalan  : mengenal nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetetif dalam kehidupan 
                         sehari-hari
 b. Akomodasi  : menyadari manfaat perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetetif dalam kehidupan
                          sehar-hari
 c. Tindakan      : membiasakan diri hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetetif dalam kehidupan
                          sehari
9. Wawasan dan kesiapan karir
 a. Pengenalan   : mengekspresikan ragam pekerjaan pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan
                           kemampuan diri
 b. Akomodasi  : menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan
                          kemampuan tertentu
 c. Tindakan     : mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung
                         relevansi dengan kemampuan diri
10. Kematangan hubungan dengan teman sebaya
 a. Pengenalan  : mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
 b. Akomodasi : menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
 c. Tindakan    : bekerja sama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya
11. Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga
      (untuk SLTA dan Perguruan Tinggi)
 SUMBER : Pendidikan dan latihan profesi guru, PSG rayon 15 tahun 2008

1 komentar:

  1. blognya bagus jalan jalan bos jangan lupa mampir
    ke grandlybiz.blogspot.com
    salam satu kesatuan BK

    BalasHapus

 

Recent Comments

Recent Posts

PAKDE HARTO SMP PANGKUR | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info